Mata Pelajaran : I P S
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Tahun Pelajaran : 2009 - 2010
SMT | STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU |
Gasal | 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia. 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan. 1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. | 12 8 |
ULANGAN HARIAN 1 | 2 | |
2. Memahami kehidupan sosial manusia. 2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial 2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian 2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial 2.4 Menguraikan proses interaksi sosial | 4 4 6 6 | |
ULANGAN HARIAN 2 | 2 | |
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan 3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari | 8 6 | |
ULANGAN HARIAN 3 | 2 | |
Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 60 | |
Genap | 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. 4.1. Menggunakan peta, atlas dan globe, untuk mendapatkan informasi keruangan 4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi 4.3.Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. | 8 4 4 8 |
ULANGAN HARIAN 4 | 2 | |
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu- Buddha sampai masa Kolonial Eropa. 5.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerin- tahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan- peninggalannya. 5.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerin- tahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya. 5.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerin- tahan pada masa Kolonial Eropa | 6 8 6 | |
ULANGAN HARIAN 5 | 2 | |
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. 6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan kon sumsi, produksi dan distribusi barang/ jasa 6.3. Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi 6.4. Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | 6 8 6 6 | |
ULANGAN HARIAN 6 | 2 | |
Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 76 |
.........................., 13 Juli 2009
Kepala SMP.............................., Guru Mapel IPS,
................................................. ...............................................
NIP. ........................................ NIP. .......................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPS
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2009 - 2010
SMT | STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU |
Gasal | 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk. 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk 1.2. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya 1.3.Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan 1.4. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan. | 6 8 8 4 |
ULANGAN HARIAN 1 | 2 | |
2. Memahami proses Kebangkitan Nasional. 2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah 2.2.Menguraikan proses terbentuknya kesadaran Nasional, identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia | 6 8 | |
ULANGAN HARIAN 2 | 2 | |
3. Memahami masalah penyimpangan sosial. 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat 3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | 4 6 | |
ULANGAN HARIAN 3 | 2 | |
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat 4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 4.2. Mendistribusikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan negara 4.3. Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat | 6 6 6 | |
ULANGAN HARIAN 4 | 2 | |
Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 76 | |
Genap | 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan. 5.1. Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia. 5.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia | 6 10 |
| ULANGAN HARIAN 5 | 2 |
| 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial. 6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial 6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat 6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial | 6 6 6 |
| ULANGAN HARIAN 6 | 2 |
| 7. Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia 7.1.Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya 7.2.Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem pereko-nomian Indonesia 7.3.Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional 7.4.Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar | 10 8 8 8 |
| ULANGAN HARIAN 7 | 2 |
| Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 74 |
.........................., 13 Juli 2009
Kepala SMP.............................., Guru Mapel IPS,
................................................. ...............................................
NIP. ........................................ NIP. .......................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPS
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : IX
Tahun Pelajaran : 2009 - 2010
SMT | STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU |
Gasal | 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. 1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju 1.2.Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia | 12 10 |
ULANGAN HARIAN 1 | 2 | |
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan 2.1.Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdeka- an Indonesia 2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indone- sia pasca pengakuan kedaulatan | 8 8 | |
ULANGAN HARIAN 2 | 2 | |
3. Memahami perubahan sosial budaya. 3.1. Mendeskripsikan perubahan sosial budaya pada masyarakat 3.2. Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam mengsikapi perubahan | 8 6 | |
ULANGAN HARIAN 3 | 2 | |
4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan. 4.1. Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan 4.2. Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia | 12 8 | |
| ULANGAN HARIAN 4 | 2 |
| Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 80 |
Genap | 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi 5.1 Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi. 5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara. 5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera. | 4 10 6 |
ULANGAN HARIAN 5 | 2 | |
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia. 6.1.Mendekripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat 6.2 Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya | 6 6 | |
ULANGAN HARIAN 6 | 2 | |
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional. 7.1. Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi 7.2. Menguraikan perkembangan lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional 7.3. Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global 7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang ekonomi 7.5. Mengidentifikasi dampak kerjasama antar negara terhadap perekonomian Indonesia | 4 6 4 6 2 | |
ULANGAN HARIAN 7 | 2 | |
Jumlah Jam Belajar Mengajar dalam 1 semester | 60 |
.........................., 13 Juli 2009
Kepala SMP.............................., Guru Mapel IPS,
................................................. ...............................................
NIP. ........................................ NIP. .......................................